Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Museum Batu Bara di Muara Enim Menjadi Wisata Pendidikan Bagi Masyarakat

Abdurachman
Abdurachman 28 September 2022 09:00 WIB
  5
Sejak 2016, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mencanangkan Program Tanjung Enim Kota Wisata.

Bisnis.com, JAKARTA - Museum Batu Bara merupakan salah satu aset yang digunakan untuk menyimpan, mengoleksi, konservasi, riset, edukasi, maupun hiburan. Museum yang berdiri dikompleks seluas 4,5 hektar diharapkan dapat menjadi landscape sekaligus objek wisata pendidikan bagi masyarakat Sumatera Selatan.

Selain itu, terdapat banyak edukasi dan informasi di dalamnya, seperti jenis-jenis batu bara, ruang kereta bawah tanah, alat-alat tambang yang digunakan pada masa lalu, ruang theater audio visual, hingga sejarah pimpinan Bukit Asam dari masa ke masa. Masyarakat umum dapat mengunjungi museum dengan membeli tiket seharga Rp20 ribu per orang.

Sejak 2016, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mencanangkan Program Tanjung Enim Kota Wisata. Tujuannya agar Tanjung Enim yang merupakan kawasan tambang batu bara dapat menjadi destinasi wisata dan mandiri setelah kandungan batu bara sudah habis.



Editor : Abdullah Azzam
back to top To top